KARAKTERISTIK INFORMASI

Untuk mendukung keputusan yang akan dilakukan oleh manajemen, maka manajemen membutuhkan informasi yang berguna, untuk tiap-tiap tingkatan manajemen dengan kegiatan yang berbeda pula. Karakteristik informasi adalah kepadatan informsinya, luas informasinya, luas frekuensi informasinya, skedul informasinya, waktu informasinya, akses informasinya, dan sumber informasinya.
Penjelasan:
1.    Kepadatan informasi.
Untuk manajemen tingkat global karakteristiknya adalah terperinci dan detail dan kurang padat, karena terutama digunakan untuk pengendalian informasi. Sedangkan untuk manajemen yang lebih tinggi tingkatannya mempunyai karakteristik informasi yang semakin tersaring lebih ringkas dan padat.

2.    Luas Informasi.
Untuk manajemen tingkat bawah karakteristik informasinya adalah terfokus pada suatu masalah tertentu, karena digunakan oleh manajer bawah yang mempunyai tugas yang khusus untuk manajemen yang lebih tinggi tingkatannya membutuhkan informasi dengan karakteristik yang semakin luas, karena manajemen tingkat atas berhubungan dengan luas.

3.    Frekuensi Informasi.
Untuk manajemen tingkat bawah, frekuensi yang diterimanya rutin, karena digunakan oleh manajemen bawah yang mempunyai tugas yang terstruktur dengan pola yang berulang – ulang dari waktu ke waktu. Untuk manajemen yang lebih tinggi tingkatannya frekuensi informasinya tidak rutin, karena manajemen atas berhubungan dengan pengambilan keputusan tidak terstruktur yang pola dan waktunya tidak jelas.


4.    Skedul Informasi.
Untuk manajemen tingkat bawah, informasi yang diterimanya mempunyai jadwal/skedul yang jelas dan periodik, karena digunakan oleh manajemen bawah yang mempunyai tugas yang terstruktur. Untuk manajemen yang lebih tinggi tingkatannya schedule informasinya adalah tidak ter-skedul, karena manajemen atas berhubungan dengan pengambilan keputusan yang tidak terstruktur.

5.    Waktu Informasi.
Untuk manajemen tingkat abwah, informasi yang dibutuhkan adalah informasi historis, karena digunakan oleh manajemen bawah di dalam pengendalian operasi yang memeriksa tugas – tugas rutin yang sudah terjadi. Untuk manajemen yang lebih tinggi tingkatannya, waktu informasinya lebih ke masa depan berupa informasi prediksi, karena digunakan oleh manajemen atas untuk pengambilan keputusan strategik yang menyangkut nilai masa depan.

6.    Akses Informasi.
Untuk manajemen tingkat bawah membutuhkan informasi yang periodenya jelas dan berulang – ulang, sehingga dapat disediakan oleh bagian sistem informasi yang memberikan dalam bentuk laporan periodik. Dengan demikian, akses informasi untuk manajemen bawah dapat tidak secara online, tetapi dapat secara offlin. Sebaliknya untuk manajemen yang lebih tinggi tingkatannya, periode informasi yang dibutuhkannya tidak jelas sehingga manajemen – manajemen tingkat atas perlu disediakan akses online untuk mengambil informasi.

7.    Sumber Informasi.
Karena manajemen tingkat bawah lebih berfokus pada pengendalian operasi internal, maka manajemen – manajemen tingkat bawah lebih membutuhkan informasi dengan data yang bersumber dari internal perusahaan sendiri. Akan tetapi, manajemen – manajemen tingkat atas lebih berorentasi dalam perencanaan strategik yang berhubungan dengan lingkungan luar perusahaan, sehingga membutuhkan informasi dengan data yang bersumber pada eksternal perusahaan.




Referensi :

Jogiyanto. 2003. Sistem Teknologi Informasi, Pendekatan Terintegrasi: Konsep Dasar, Teknologi, Aplikasi, Pengembangan dan Pengelolaan. Yogyakarta: Andi.
Janto, Dwi. 2016. Sistem Informasi Perkembangan pada Balita Berbasis Android. Universitas Negeri Semarang. Semarang.
Anonim. 2012. Konsep Dasar Sistem Informasi dan Sistem Teknologi Informasi. https://materikuliahif.wordpress.com/2012/01/06/konsep-dasar-sistem-informasi-dan-sistem-teknologi-informasi/
Prihartantysto, Aji. 2012. Tipe Informasi, Karekteristik Informasi, Tahap Pengambilan Keputusan, Sistem Sosio-Teknologi. http://ajichprt.blogspot.co.id/2012/11/normal-0-false-false-false-in-x-none-x.html
Anonim. 2013. Konsep Dasar Sistem, Informasi dan Pengambilan Keputusan Manajemen serta Lingkungan Bisnis. http://memebali.blogspot.co.id/2013/07/konsep-dasar-sistem-informasi-dan.html
Daniel, Debby Ratna dan Wiwik Supratiwi. 2005. Sistem Informasi Manajemen. Universitas Terbuka, Jakarta.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sistem Informasi Pemasaran

Enterprise Resource Planning (ERP) Solusi Sistem Informasi Terintegrasi