KARAKTERISTIK INFORMASI
Untuk mendukung keputusan yang akan dilakukan oleh
manajemen, maka manajemen membutuhkan informasi yang berguna, untuk tiap-tiap
tingkatan manajemen dengan kegiatan yang berbeda pula. Karakteristik informasi
adalah kepadatan informsinya, luas informasinya, luas frekuensi
informasinya, skedul informasinya, waktu informasinya, akses informasinya, dan sumber
informasinya.
Penjelasan:
1.
Kepadatan
informasi.
Untuk
manajemen tingkat global karakteristiknya adalah terperinci dan detail dan
kurang padat, karena terutama digunakan untuk pengendalian informasi. Sedangkan
untuk manajemen yang lebih tinggi tingkatannya mempunyai karakteristik
informasi yang semakin tersaring lebih ringkas dan padat.
2.
Luas Informasi.
Untuk
manajemen tingkat bawah karakteristik informasinya adalah terfokus pada suatu
masalah tertentu, karena digunakan oleh manajer bawah yang mempunyai tugas yang
khusus untuk manajemen yang lebih tinggi tingkatannya membutuhkan informasi
dengan karakteristik yang semakin luas, karena manajemen tingkat atas
berhubungan dengan luas.
3.
Frekuensi
Informasi.
Untuk
manajemen tingkat bawah, frekuensi yang diterimanya rutin, karena digunakan
oleh manajemen bawah yang mempunyai tugas yang terstruktur dengan pola yang
berulang – ulang dari waktu ke waktu. Untuk manajemen yang lebih tinggi
tingkatannya frekuensi informasinya tidak rutin, karena manajemen atas
berhubungan dengan pengambilan keputusan tidak terstruktur yang pola dan
waktunya tidak jelas.
4.
Skedul
Informasi.
Untuk
manajemen tingkat bawah, informasi yang diterimanya mempunyai jadwal/skedul
yang jelas dan periodik, karena digunakan oleh manajemen bawah yang mempunyai
tugas yang terstruktur. Untuk manajemen yang lebih tinggi tingkatannya schedule
informasinya adalah tidak ter-skedul, karena manajemen atas berhubungan dengan
pengambilan keputusan yang tidak terstruktur.
5.
Waktu Informasi.
Untuk manajemen
tingkat abwah, informasi yang dibutuhkan adalah informasi historis, karena
digunakan oleh manajemen bawah di dalam pengendalian operasi yang memeriksa
tugas – tugas rutin yang sudah terjadi. Untuk manajemen yang lebih tinggi
tingkatannya, waktu informasinya lebih ke masa depan berupa informasi prediksi,
karena digunakan oleh manajemen atas untuk pengambilan keputusan strategik yang
menyangkut nilai masa depan.
6.
Akses Informasi.
Untuk
manajemen tingkat bawah membutuhkan informasi yang periodenya jelas dan
berulang – ulang, sehingga dapat disediakan oleh bagian sistem informasi yang
memberikan dalam bentuk laporan periodik. Dengan demikian, akses informasi
untuk manajemen bawah dapat tidak secara online, tetapi dapat secara offlin.
Sebaliknya untuk manajemen yang lebih tinggi tingkatannya, periode informasi
yang dibutuhkannya tidak jelas sehingga manajemen – manajemen tingkat atas
perlu disediakan akses online untuk mengambil informasi.
7.
Sumber
Informasi.
Karena
manajemen tingkat bawah lebih berfokus pada pengendalian operasi internal, maka
manajemen – manajemen tingkat bawah lebih membutuhkan informasi dengan data
yang bersumber dari internal perusahaan sendiri. Akan tetapi, manajemen –
manajemen tingkat atas lebih berorentasi dalam perencanaan strategik yang
berhubungan dengan lingkungan luar perusahaan, sehingga membutuhkan informasi
dengan data yang bersumber pada eksternal perusahaan.
Referensi :
Jogiyanto. 2003. Sistem Teknologi Informasi,
Pendekatan Terintegrasi: Konsep Dasar, Teknologi, Aplikasi, Pengembangan dan
Pengelolaan. Yogyakarta: Andi.
Janto, Dwi. 2016. Sistem Informasi Perkembangan pada
Balita Berbasis Android. Universitas Negeri Semarang. Semarang.
Anonim.
2012. Konsep Dasar Sistem Informasi dan Sistem Teknologi Informasi. https://materikuliahif.wordpress.com/2012/01/06/konsep-dasar-sistem-informasi-dan-sistem-teknologi-informasi/
Prihartantysto,
Aji. 2012. Tipe Informasi, Karekteristik Informasi, Tahap Pengambilan
Keputusan, Sistem Sosio-Teknologi. http://ajichprt.blogspot.co.id/2012/11/normal-0-false-false-false-in-x-none-x.html
Anonim.
2013. Konsep Dasar Sistem, Informasi dan Pengambilan Keputusan Manajemen serta
Lingkungan Bisnis. http://memebali.blogspot.co.id/2013/07/konsep-dasar-sistem-informasi-dan.html
Daniel,
Debby Ratna dan Wiwik Supratiwi. 2005. Sistem Informasi Manajemen. Universitas
Terbuka, Jakarta.
Komentar
Posting Komentar